Hari Kearsipan Nasional
Hari Lingkungan Hidup
Hari Sepeda Sedunia
Hari Pancasila
Perilisan Buku Tahun 2023
Pengumuman Update Data SIAPJAK

Layanan

Sebelumnya
Selanjutnya
Depot Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Alamat Jalan Perintis Kemerdekaan No.1, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Timur
Alamat Jalan Jatinegara Timur IV, Rawa Bunga, Jatinegara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Utara
Alamat Jl. Logistik Raya No. 2 Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Selatan
Alamat Jl. Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130, Indonesia
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Jadwal Agenda Kearsipan
Semua Agenda

Publikasi

Berita

Jumat, 31 Mei 2024 Noor Muchyadi
Beri Apresiasi pada Peserta IKRA Tahap I, Sudin Pusip Jakarta Pusat Gelar Perayaan di Lima Lokasi Berbeda

Pelaksanaan Apresiasi IKRA di Kelurahan Kemayoran dan RPTRA Mutiara Sumur Batu menjadi penutup kegiatan IKRA Tahap I 2024. Telah dilaksanakan pada 26 April – 2 Mei 2024 selama sepekan, kegiatan IKRA ini berjalan dengan lancar dengan antusias peserta yang luar biasa. Sejak dimulai secara perdana di Tahun 2021, peningkatan partisipasi Masyarakat, khususnya wilayah Jakarta Pusat terus meningkat. Terbukti saat ini total partisipasi mencapai 2116 KK di 10 Kelurahan yang berbeda di Tahap I ini. Peningkatan ini tentu menjadi salah satu indikator keberhasilan bagi pelaksanaan kegiatan IKRA, ujar Irwan Septinadi selaku Kasudin Pusip Jakarta Pusat. “Kami tentu senantiasa mengupayakan yang terbaik untuk Masyarakat, dan hal ini tidak mungkin bisa berjalan optimal tanpa kolaborasi dan sinergi yang baik antara Kecamatan, Kelurahan, TP PKK dan sekolah di Wilayah Jakarta Pusat sebagai pihak yang selalu kita gandeng dalam pelaksanaan kegiatan ini”, tambahnya.

Pelaksanaan Apresiasi IKRA ini sebenarnya telah dimulai sejak Kamis (16/5) secara perdana di RPTRA Karang Anyar dan hadir di dalamnya total 30 peserta terpilih dari Kelurahan Karang Anyar dan Pasar Baru. Berturut-turut pelaksanaan apresiasi dijadwalkan kembali pada Senin hingga Rabu (20 s.d. 22 Mei).

Apresiasi IKRA Tahap I untuk peserta terpilih Kelurahan Serdang dan Kebon Kosong dilaksanakan di RPTRA Krida Serdang pada Senin (20/5). Sementara itu pelaksanaan berikutnya pada Selasa (21/5) Apresiasi dilaksanakan di RPTRA Harapan Mulia dengan pelibatan peserta terpilih dari Kelurahan Harapan Mulia dan Utan Panjang. Istimewanya, pelaksanaan apresiasi di RPTRA Harapan Mulia juga dihadiri oleh Bunda PAUD dan Bunda Literasi Jakarta Pusat, Ibu Ucu Jamilah. 

Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi kegiatan peningkatan literasi yang secara aktif diselenggarakan oleh Sudin Pusip Jakarta Pusat. Apalagi, pada pelaksanaannya, para peserta juga didorong untuk aktif mengirimkan ringkasan hasil baca baik dalam foto dan video yang didampingi oleh orangtua. “Hal ini tentu mempererat ikatan antara anak dan orangtua maupun pendamping karena membangun kebersamaan dalam lingkup keluarga melalui membaca, sehingga daya baca anak-anak juga dapat semakin baik, daya kreativitas sekaligus imajinasinya juga terasah. Wadah ini juga menjadi salah satu alternatif positif untuk dapat meningkatkan budaya baca warga Jakarta Pusat”, imbuhnya.

Pelaksanaan acara di RPTRA Harapan Mulai juga menjadi semakin meriah dengan tampilnya Pendongeng Nasional yang juga merupakan Pendidik, Kang Didin yang menambah semarak sekaligus suasana haru dari sajian dongeng yang ditampilkan.

Menjadi penutup di tahap I, Apresiasi IKRA kembali digelar di dua titik lokasi berbeda pada Rabu (22/5) di RPTRA Mutiara Sumur Batu dan Kelurahan Kemayoran. “Kami tentu mendukung penuh kegiatan positif seperti ini, karena tantangan dewasa ini yang dihadapi para generasi penerus adalah teknologi yang semakin pesat berkembang. Dengan adanya kegiatan IKRA, tentu diharapkan mampu mendorong peningkatan budaya literasi dan kegemaran membaca khususnya bagi anak usia dini”, ujar Lurah Kemayoran, Fitria Sari.

Pelaksanaan ini juga mendapat dukungan penuh dari warga sekitar, sehingga anak-anak yang menjadi peserta benar-benar antusias mengikuti kegiatan ini. “Kami berharap jangkauan keterlibatan peserta dapat semakin luas dan melibatkan lebih banyak peserta sehingga peserta terpilih dari masing-masing kelurahan juga bisa lebih banyak terakomodir. Tentunya hal ini dapat menambah semangat bagi peserta sekaligus orangtua dan pendidik untuk terus mengasah kemampuan baca tulis anak-anak yang mampu menjadi bekal positif bagi mereka di masa depan”, tambah Dewi Roozana Zulkifli selaku Lurah Gunung Sahari Selatan.

Pelaksanaan IKRA Tahap I memang sengaja digelar di lima lokasi dengan menggabungkan dua lokasi kelurahan yang berdekatan dengan tujuan agar pelaksanaan Apresiasi bisa lebih optimal. Koordinasi yang dibangun antara tim Korlap dengan Kecamatan, Kelurahan, Sekolah dan TP PKK juga membuat acara ini berjalan dengan baik. Dari 15 peserta terpilih di masing-masing kelurahan yang memperoleh goodiebag dan sertifikat kegiatan, ada tambahan doorprize untuk 1 (satu) orang beruntung di masing-masing kelurahan yang diundi langsung saat perayaan Apresiasi.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi sebuah upaya untuk terus meningkatkan literasi yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi proses belajar dan mengasah keterampilan membaca para peserta sehingga tercipta kebiasaan membaca yang berangkat dari lingkup keluarga, sekaligus dapat berkontribusi secara nyata dalam menumbuhkan semangat membaca terutama untuk Warga Jakarta Pusat. (RK)

 

Rahmatul Karimah

Pustakawan Perpustakaan Jakarta Pusat

Jumat, 17 Mei 2024 Burhan
Guna Memperkuat Hubungan Antar Lembaga Arsip, Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Melakukan Kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

DISPUSIP JAKARTA, INDONESIA - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan memperkuat hubungan antar lembaga arsip, Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Acara diawali dengan penyambutan dan ramah tamah oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Setelah itu, rombongan dari Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan diajak berkeliling melihat langsung fasilitas dan infrastruktur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Mereka mengunjungi ruang penyimpanan arsip, laboratorium restorasi, dan ruang digitalisasi arsip.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan hubungan dan kerja sama antara Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta akan semakin erat, serta mampu memberikan dampak positif dalam pengelolaan arsip yang lebih modern dan efisien di Indonesia.

 

Penulis dan Editor:  Tim Publikasi Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan

Kamis, 16 Mei 2024 Burhan
DISPUSIP Provinsi DKI Jakarta Menerima Kunjungan dari SMK Negeri 1 Solok Sumatera Barat

DISPUSIP JAKARTA, INDONESIA - Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya arsip dalam sejarah dan administrasi, siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN) Solok mengadakan kunjungan edukatif ke Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta pada hari Selasa (14/05).

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada siswa tentang pengelolaan dan pemeliharaan arsip, serta memperkenalkan mereka pada teknologi dan metode modern yang digunakan dalam dunia kearsipan saat ini.

Acara dimulai dengan pemaparan singkat mengenai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta khususnya bidang Kearsipan dan fungsinya. Para siswa kemudian diajak berkeliling melihat berbagai koleksi arsip yang disimpan, mulai dari dokumen-dokumen bersejarah, peta kuno, hingga foto-foto dan rekaman audio visual. Mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai proses digitalisasi dan pembuatan daftar arsip yang tengah dilakukan untuk memudahkan akses informasi.

 

 

Penulis dan Editor:  Tim Publikasi Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan


Artikel

Senin, 13 Mei 2024 Burhan
Sejarah dan Arsip

DISPUSIP JAKARTAINDONESIA – Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan meninggalkan bukti-bukti tertulis atau saksi-saksi mata dapat disebut dengan sejarah. Sejarah menjadi penting untuk mengetahui tingkat perjuangan serta hasil perjuangan umat manusia sejak zaman dahulu.

Para ahli sejarah berusaha mendeskripsikan arti sejarah. March Bloch menyatakan sejarah adalah aktivitas-aktivitas manusia pada masa lalu. R.G. Collingwood menyatakan sejarah adalah tindakan-tindakan manusia pada masa lampau. R. Aron menyatakan sejarah adalah kajian tentang masa lalu manusia. Menurut W.J.S. Poerwadarminta yang disampaikan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia bahwa sejarah adalah (1) kesusastraan lama: silsilah atau asal usul; (2) kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau; (3) ilmu, pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian, dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau riwayat.

Melihat dari pendapat para ahli di atas, sejarah tidak dapat dilepaskan dari manusia dan kegiatannya yang telah terjadi pada masa lampau. Kegiatan – kegiatan dari berbagai macam peritiwa ini tercatat dan di dokumentasikan sebagai bukti catatan sejarah.