Hari Waisak
Hari Kebangkitan Nasional
Hari Arsip Nasional
Hari Ulta Perpusnas
Hari Buku Nasional
Hari Kenaikan Yesus Kristus
Hari Palang Merah Internasional
Pengumuman Update Data SIAPJAK

Layanan

Sebelumnya
Selanjutnya
Depot Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Alamat Jalan Perintis Kemerdekaan No.1, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Timur
Alamat Jalan Jatinegara Timur IV, Rawa Bunga, Jatinegara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Utara
Alamat Jl. Logistik Raya No. 2 Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Selatan
Alamat Jl. Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130, Indonesia
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Jadwal Agenda Kearsipan
Semua Agenda

Publikasi

Berita

Jumat, 17 Mei 2024 Burhan
Guna Memperkuat Hubungan Antar Lembaga Arsip, Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Melakukan Kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

DISPUSIP JAKARTA, INDONESIA - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan memperkuat hubungan antar lembaga arsip, Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Acara diawali dengan penyambutan dan ramah tamah oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Setelah itu, rombongan dari Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan diajak berkeliling melihat langsung fasilitas dan infrastruktur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Mereka mengunjungi ruang penyimpanan arsip, laboratorium restorasi, dan ruang digitalisasi arsip.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan hubungan dan kerja sama antara Dinas Kearsipan Prov. Sumatera Selatan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta akan semakin erat, serta mampu memberikan dampak positif dalam pengelolaan arsip yang lebih modern dan efisien di Indonesia.

 

Penulis dan Editor:  Tim Publikasi Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan

Kamis, 16 Mei 2024 Burhan
DISPUSIP Provinsi DKI Jakarta Menerima Kunjungan dari SMK Negeri 1 Solok Sumatera Barat

DISPUSIP JAKARTA, INDONESIA - Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya arsip dalam sejarah dan administrasi, siswa-siswi dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN) Solok mengadakan kunjungan edukatif ke Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta pada hari Selasa (14/05).

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada siswa tentang pengelolaan dan pemeliharaan arsip, serta memperkenalkan mereka pada teknologi dan metode modern yang digunakan dalam dunia kearsipan saat ini.

Acara dimulai dengan pemaparan singkat mengenai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta khususnya bidang Kearsipan dan fungsinya. Para siswa kemudian diajak berkeliling melihat berbagai koleksi arsip yang disimpan, mulai dari dokumen-dokumen bersejarah, peta kuno, hingga foto-foto dan rekaman audio visual. Mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai proses digitalisasi dan pembuatan daftar arsip yang tengah dilakukan untuk memudahkan akses informasi.

 

 

Penulis dan Editor:  Tim Publikasi Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan

Jumat, 26 April 2024 Muhammad Afif Nikmatullah
DISPUSIP adakan Pembinaan Kearsipan dalam acara Konsultasi , Informasi dan Edukasi bagi Lembaga Organisasi Masyarakat di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (DISPUSIP) DKI Jakarta menyelenggarakan Pembinaan Pengelolaaan Kearsipan Lembaga Organisasi Masyarakat dalam bentuk acara Konsultasi, Informasi, dan Edukasi pada Kamis (25/04/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan arsip pada Organisasi Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pembinaan kearsipan yang berlangsung di Aula Lantai 4 Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1, Pulogadung, Jakarta Timur.

Widya Indra Rosiana (Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan) dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka optimalisasi pengelolaan arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan kegiatan pembinaan kearsipan pada Ormas sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Kegiatan Konsultasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tahun 2024 diikuti oleh 52 Ormas diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengelola arsip terhadap pentingnya tertib arsip dan aspek pendukung pengelolaan arsip, mulai dari kebijakan, pembinaan kearsipan, dan sumber daya kearsipan (SDM, Sarpras, TI, Pendanaan). Selain itu, pengelola arsip juga dapat berkonsultasi secara langsung terkait pengelolaan arsip. 

Acara ini berlangsung dengan penyampaian materi oleh narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dan tanya jawab oleh peserta kegiatan pembinaan kearsipan. Adapun narasumber yang mengisi acara ini adalah Ibu Hani Qonitah Ketua Umum Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia (P3RI) dengan materi "Pengenalan apa itu P3RI" dan Bapak Raistiwar Pratama Ketua Litbang Perkumpulan Profesi Pengelola Rekod Indonesia (P3RI) dengan materi "Dari Komunitas untuk Masyarakat: Mengelola Arsip Melalui Organisasinya".


Artikel

Senin, 13 Mei 2024 Burhan
Sejarah dan Arsip

DISPUSIP JAKARTAINDONESIA – Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dengan meninggalkan bukti-bukti tertulis atau saksi-saksi mata dapat disebut dengan sejarah. Sejarah menjadi penting untuk mengetahui tingkat perjuangan serta hasil perjuangan umat manusia sejak zaman dahulu.

Para ahli sejarah berusaha mendeskripsikan arti sejarah. March Bloch menyatakan sejarah adalah aktivitas-aktivitas manusia pada masa lalu. R.G. Collingwood menyatakan sejarah adalah tindakan-tindakan manusia pada masa lampau. R. Aron menyatakan sejarah adalah kajian tentang masa lalu manusia. Menurut W.J.S. Poerwadarminta yang disampaikan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia bahwa sejarah adalah (1) kesusastraan lama: silsilah atau asal usul; (2) kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa yang lampau; (3) ilmu, pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian, dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau riwayat.

Melihat dari pendapat para ahli di atas, sejarah tidak dapat dilepaskan dari manusia dan kegiatannya yang telah terjadi pada masa lampau. Kegiatan – kegiatan dari berbagai macam peritiwa ini tercatat dan di dokumentasikan sebagai bukti catatan sejarah.