Pencarian Data


TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pelamar melakukan pendaftaran melalui tautan https://bit.ly/PJLP-UPPJ-PDS pada Jumat, 3 Oktober 2025 s.d. Senin, 6 Oktober 2025 pukul 08.30 WIB dengan mengunggah salinan digital dokumen sebagai berikut:
    a. Surat lamaran sesuai format terlampir bermaterai
    b. Surat pernyataan sesuai format terlampir bermaterai
    c. Daftar riwayat hidup sesuai format terlampir
    d. Kartu tanda penduduk
    e. Kartu keluarga
    f. NPWP
    h. ljazah minimal SMA/MA/K/sederajat
    i. Dokumen NIB OSS dengan KBLI 96990 Aktivitas Jasa Perorangan Lainnya
    j. Sertifikat keahlian yang relevan (untuk petugas kemanan serta mekanikal dan elektrikal)
    k. Surat pengalaman kerja (jika ada).
  2. Pelamar yang lolos administrasi wajib membawa berkas-berkas yang telah diunggah dan dimasukkan ke dalam map berwarna merah.
  3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirim 1 (satu) lamaran dan apabila mengirim lebih dari satu lamaran akan didiskualifikasi.
Perpustakaan Kearsipan Karir

Seluruh ASN khususnya ASN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta diharapkan dapat mengakses Portal KM di alamat berikut : https://km-bpsdm.jakarta.go.id/ kemudian mengakses video belajar milik Dispusip.

Komunitas Belajar

Sehubungan dengan Pengumuman Daftar Pencarian Arsip Produk Hukum Kolonial Belanda tertanggal 17 Juni 2025, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (DISPUSIP) dengan ini menyampaikan bahwa telah berhasil menemukan dan mengamankan berkas-berkas arsip yang dimaksud yang selama ini berada dalam pengelolaan Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta. Adapun arsip-arsip tersebut didapatkan dalam bentuk Staatsblad (Lembaran Negara) dan Bijblad (Tambahan Lembaran Negara). 

Seluruh objek arsip telah melewati proses verifikasi keaslian, kelengkapan fisik, dan kelayakan informasi sesuai dengan ketentuan Pasal 60 ayat (3) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Adapun proses penemuan dan penyerahan arsip tersebut telah melewati beberapa tahapan sejak diumumkan melalui Daftar Pencarian Arsip, yakni melalui Koordinasi Lintas Instansi, lalu dilaksanakan Verifikasi Fisik, dan setelahnya dilakukan penyerahan arsip dan proses digitalisasi untuk kemudian diterjemahkan dan diolah. 

Penemuan arsip produk hukum zaman kolonial Belanda ini diharapkan dapat memperkuat fondasi identitas dan sejarah Kota Jakarta yang terekam sejak ratusan tahun lalu, sekaligus menjadi sumber referensi bagi pembangunan dan pemerintahan kota. 

Kearsipan Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan Arsip Belanda Daftar Pencarian Arsip

Dalam rangka program penyelamatan arsip daerah yang dicari keberadaannya sesuai dengan amanat Pasal 60 ayat (3) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dengan ini kami mengumumkan Daftar Pencarian Arsip berupa Arsip-Arsip Produk Hukum era Kolonial Belanda. 

Bagi pihak yang memiliki, menemukan, atau memiliki informasi keberadaan fisik arsip tersebut diharapkan dapat menghubungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta pada:

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur
No Telp: 021-47860095

Arsip yang dapat diterima oleh kami memiliki persyaratan yakni bisa dibuktikan keautentikannya, utuh, dan dapat digunakan informasinya. 

Kearsipan Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan Arsip Belanda Daftar Pencarian Arsip

Sehubungan dengan penerimaan Tenaga Ahli (TA) di Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan untuk posisi Tenaga Ahli Bahasa Belanda Tahun Anggaran 2025 dan telah dilaksanakannya proses seleksi wawancara pada Selasa, 24 Desember 2024, berikut ini disampaikan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi wawancara sebagai berikut:

1.    Tasya Aulia

2.    Arkiana

3.    Audi Indrayahya

 

Untuk selanjutnya nama-nama yang lolos seleksi diharapkan hadir untuk mengikuti pengarahan tata cara proses pengadaan melalui sistem SPS yang akan dilaksanakan pada Jumat, 27 Desember 2024 pukul 14.30 WIB di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Provinsi DKI Jakarta.

Kearsipan Pengumuman Rekrutmen

Sehubungan dengan penerimaan Tenaga Ahli (TA) di Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan untuk posisi Tenaga Ahli Bahasa Belanda Tahun Anggaran 2025, berikut ini disampaikan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi Administrasi, sebagai berikut:

 

1.    Tasya Aulia

2.    Defranda Fauzan Rabbani

3.    Arkiana

4.    Audi Indrayahya

 

Untuk selanjutnya terhadap nama-nama yang lolos seleksi administrasi agar menghadiri tahapan seleksi selanjutnya, yakni Wawancara yang akan dilaksanakan pada Selasa, 24 Desember 2024 pukul 10.00 WIB di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Provinsi DKI Jakarta.

Kearsipan Pengumuman Rekrutmen Tenaga Ahli

I. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pelamar mengirim dokumen lamaran dalam bentuk scan/softcopy dengan format (nama pelamar_nama file), contoh : (AbdulHakim_SuratLamaran), yang terdiri dari :
a. Surat Lamaran 
b. Daftar Riwayat Hidup/CV
c. KTP
d. Kartu Keluarga
e. NPWP dan Tangkapan Layar KSWP Valid dari DJP Online
f. Foto setengah badan, berpakaian sopan dan formal
g. Ijazah terakhir dan Transkrip Nilai
h. Sertifikat keahlian yang relevan (jika ada)
i. Surat pengalaman kerja (jika ada)
2. Berkas lamaran ditujukan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta u.p. Kepala Bidang Pengelolaan Arsip dan Layanan ke alamat email arsip.dispusip@gmail.com
3. Penerimaan berkas lamaran dibuka mulai tanggal 20 sampai dengan 23 Desember 2024 pukul 12.00 WIB.
4. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirim 1 (satu) kali pendaftaran dan apabila mengirim lebih dari satu kali maka akan didiskualifikasi.
5. Hasil seleksi administrasi dan undangan wawancara diumumkan melalui website dan/atau tautan instagram @arsip.jakarta  pada tanggal 23 Desember 2024 pukul 16.00 WIB.
6. Pelaksanaan wawancara dilaksanakan di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1, Pulogadung, Jakarta Timur pada tanggal 24 Desember 2024 pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. 
7. Hasil seleksi wawancara selambat-lambatnya akan diumumkan melalui website dan/atau tautan instagram @arsip.jakarta pada 27 Desember 2024.
8. Tahapan Pengadaan melalui system pengadaan LPSE dijadwalkan pada tanggal 27 s.d. 31 Desember 2024.

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan kepada anda untuk bergabung dalam Tim Tenaga Ahli Promosi dan Publikasi Media Pembudayaan Gemar Membaca. 

Kebutuhan

  1. Graphic Designer                  : 1 orang
  2. Motion Graphic Designer      : 1 orang
  3. Social Media Specialist          : 1 orang
  4. Cameraman                           : 1 orang
  5. Audio Video Editor                : 1 orang

      Persyaratan

1.    Graphic Designer (Kode: GD)

  • Pendidikan minimal D3/S1 Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual. IPK Minimal 2,75
  • Berpengalaman di bidang desain grafis minimal 2 (dua) tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek
  • Memahami produksi desain dan komunikasi visual
  • Mampu mengoperasikan berbagai software desain
  • Lebih disukai yang memiliki laptop/alat kerja pribadi
  • Memiliki integritas, perilaku terpuji, disiplin bekerja dan mampu bekerja dalam tekanan baik individu maupun dalam tim serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target

2.    Motion Graphic Designer (Kode: MG)

  • Pendidikan minimal D3/S1 Desain Grafis/Desain Komunikasi Visual. IPK Minimal 2,75
  • Berpengalaman di bidang desain dan motion grafis minimal 2 (dua) tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek
  • Memahami produksi desain dan komunikasi visual
  • Memahami produksi video & sound editing
  • Mampu mengoperasikan berbagai software desain
  • Mampu mengoperasikan berbagai software video dan sound editing
  • Lebih disukai yang memiliki laptop/alat kerja pribadi
  • Memiliki integritas, perilaku terpuji, disiplin bekerja dan mampu bekerja dalam tekanan baik individu maupun dalam tim serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target

3.    Social Media Specialist (Kode: SM)

  • Pendidikan minimal S1 bidang ilmu yang relevan. IPK Min 2,75
  • Berpengalaman di bidang komunikasi media social minimal 3 (tiga) tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek
  • Memahami perencanaan publikasi konten untuk media sosial
  • Mampu menangani berbagai situasi dalam interaksi di media sosial
  • Mampu membuat laporan insight media sosial yang dikelola
  • Lebih diutamakan memiliki laptop/alat kerja pribadi
  • Memiliki integritas, perilaku terpuji, disiplin bekerja dan mampu bekerja dalam tekanan baik individu maupun dalam tim serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target

4.    Cameraman (CM)

  • Pendidikan minimal S1 Ilmu Komunikasi atau bidang ilmu yang relevan. IPK Min 2,75
  • Berpengalaman sebagai kameraman minimal 3 (tiga) tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek
  • Memahami konsep komposisi dalam fotografi/videografi secara umum
  • Memahami teknis kamera, lensa, rekam suara dan pendukung lainnya sebagai pendukung fotografi/videografi
  • Mampu mengoperasikan kamera DSLR/Mirrorless dengan baik
  • Lebih diutamakan memiliki pengalaman di media
  • Memiliki integritas, perilaku terpuji, disiplin bekerja dan mampu bekerja dalam tekanan baik individu maupun dalam tim serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target

 

5.    Audio Video Editor (AV)

  • Pendidikan minimal D3/S1 Ilmu Komunikasi atau bidang ilmu yang relevan. IPK Min 2,75
  • Pengalaman sebagai editor minimal 2 (dua) tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek
  • Mampu mengoperasikan berbagai software video dan sound editing
  • Lebih disukai memiliki sertifikat pendidikan dan atau pelatihan bidang editor audio video
  • Memiliki integritas, perilaku terpuji, disiplin bekerja dan mampu bekerja dalam tekanan baik individu maupun dalam tim serta dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target 

Ketentuan

  • Rekrutmen ini untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Ahli Promosi dan Publikasi Media Pembudayaan Gemar Membaca Tahun 2024
  • Selama proses seleksi tidak dipungut biaya apapun;
  • Hanya tenaga ahli yang lolos seleksi yang akan dihubungi melalui email/telepon;
  • Tenaga ahli Promosi dan Publikasi Media tidak diberikan THR/Gaji ke-13 dan fasilitas kesehatan dalam bentuk apapun;
  • Dalam pelaksanaannya diberlakukan ketentuan perpajakan dan ketentuan lainnya sesuai aturan hukum yang berlaku;
  • Tenaga ahli Promosi dan Publikasi Media yang diterima harus tunduk dan patuh pada peraturan dan kontrak kerja yang telah disepakati bersama dan tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta;
  • Anggaran Tenaga ahli Promosi dan Publikasi Media dibebankan pada DPA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta. Jika anggaran dibatalkan karena satu dan lain hal, tenaga ahli tidak akan menuntut apapun kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta;
  • Masa pendaftaran: 21 – 24 Desember 2024;
  • Kirimkan lamaran dan kelengkapannya melalui email P2PKM.RekrutmenTA@gmail.com dengan subjek Nama_Kode (Contoh: Jaka_GD); dan
  • Surat lamaran ditujukan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dengan melampirkan file: CV, portofolio, scan (ijazah, transkrip nilai, paklaring, KTP, NPWP) dan sertifikat keahlian.
Perpustakaan Rekrutmen

DISPUSIP Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan anda bergabung bersama Bidang Teknologi Informasi, untuk posisi sebagai berikut:

  1. Ahli Database
  2. System Administrator
  3. Software Programmer
  4. Programmer Web Based
  5. Ahli Jaringan - Junior
  6. System Analyst
  7. Programmer Mobile
  8. Technical Support - Senior
  9. Technical Support - Junior
  10. Desainer Grafis

Jadwal Pendaftaran:

  1. Periode Pendaftaran: 20 Desember 2024
  2. Seleksi Administrasi: 20 - 27 Desember 2024
  3. Pengumuman Administrasi: 30 Desember 2024
  4. Tes Kompetensi dan Wawancara: 31 Desember 2024
  5. Pengumuman Akhir: 2 Januari 2025

Disclaimer:

  1. Selama proses penerimaan Penyedia Jasa Perorangan Bidang Teknologi Informasi tidak dipungut biaya.
  2. Harap berhati-hati dengan pihak-pihak yang mengatasnamakan DISPUSIP Provinsi DKI Jakarta, proses penerimaan hanya diumumkan di website resmi https://dispusip.jakarta.go.id/
Karir Rekrutmen Teknologi Informasi

🎉 Launching Pemberdayaan Bunda Literasi 🎉

Kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari langkah awal yang penting dalam Pemberdayaan Bunda Literasi dengan tema "Literasi Keuangan: Meningkatkan Pendapatan melalui UMKM"!

📅 Kamis, 14 November 2024
🕘 Pukul 09.00 WIB
📍 Auditorium Sudin Pusip Jakarta Utara

Acara ini akan menghadirkan narasumber dari akademisi bisnis serta pelaku UMKM Jakarta yang akan berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara mengelola keuangan untuk meningkatkan pendapatan melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

🔑 Dapatkan wawasan baru dan strategi jitu untuk mengembangkan usaha Anda dengan pemahaman keuangan yang lebih baik!

Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk memperluas jaringan dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola usaha

Literasi Keuangan Bisnis