Hari Raya Idul Fitri
Hari Kesehatan Dunia
Hari Buku Anak Sedunia
Hari Autisme Sedunia
Hari Paskah
Hari Wafat Yesus Kristus
20K Jaklitera
Pengumuman Update Data SIAPJAK

Layanan

Sebelumnya
Selanjutnya
Depot Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Alamat Jalan Perintis Kemerdekaan No.1, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Timur
Alamat Jalan Jatinegara Timur IV, Rawa Bunga, Jatinegara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Utara
Alamat Jl. Logistik Raya No. 2 Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Selatan
Alamat Jl. Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130, Indonesia
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Jadwal Agenda Kearsipan
Semua Agenda

Publikasi

Berita

Senin, 18 Desember 2023 Iwan Hery Susanto
Perayaan Konser Literasi Triwulan IV di Kota Jakarta Utara

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar Konser Literasi Triwulan IV. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Desember 2023. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan berlangsung selama 2,5 Jam.

Konser Literasi digelar untuk merayakan keberhasilan para peserta yang telah mengikuti kegiatan BacaJakarta dan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara. Konser Literasi merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan pembudayaan kegemaran membaca yang diadakan selama triwulan tersebut.

Perayaan Konser Literasi diadakan di Ruang Bahari Lt.14 Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara. Ruangan yang memiliki kapasitas hingga 400 orang tersebut mampu menampung seluruh peserta, pendamping, maupun para undangan.

Peserta yang diundang dalam perayaan konser literasi adalah para peserta terbaik bacajakarta berjumlah 150 orang dan peserta terbaik kegiatan Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA). Para peserta datang bersama pendamping yang merupakan orang tua, dan juga guru tempat mereka bersekolah. Selain itu hadir juga para undangan seperti Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Camat Cilincing, Camat Tanjung Priok, dan Camat Koja, serta para lurah yang menjadi lokasi kegiatan IKRA.

Pukul 08.00 para peserta sudah mulai memadati ruang bahari. Sebelum masuk ke ruangan para peserta mengisi daftar hadir yang sudah disiapkan oleh panitia. Di dalam ruangan para undangan terlebih dahulu dihibur oleh Akustik Literasi (AKSI). Pukul 09.15 Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim hadir di ruang bahari bersama jajarannya. ”Membudayakan kegemaran membaca adalah langkah penting dalam memastikan generasi kita memiliki landasan pendidikan yang kukuh. dengan membaca, kita tidak hanya memperoleh informasi baru, tetapi kita juga melatih otak kita untuk berfikir secara kreatif, menganalisis dengan bijak, dan mengembangkan daya kritis yang diperlukan dalam kehidupan seharian” kata Ali, pada saat pemberian sambutan kepada undangan perayaan Konser Literasi.

Selanjutnya Bapak Walikota memberikan sepeda dan juga smartphone sebagai hadiah kepada para peserta yang terpilih menjadi peserta terbaik dalam kegiatan BacaJakarta dan IKRA.

Selain pemberian hadiah, Konser Literasi juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan seperti tarian dari SDN dan juga penampilan dari fefe and friends.

Konsep yang berbeda ditampilkan pada Konser Literasi kali ini. Fefe and Friends mengusung konsep karnaval untuk menghibur para peserta dan juga undangan. Dongeng yang dipadukan dengan sulap serta tarian sukses menghipnotis seluruh orang yang terdapat di Ruang Bahari. Dapat menyaksikan penampilan seperti itu merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para peserta terbaik Bacajakarta dan Ikra.

Senin, 18 Desember 2023 Iwan Hery Susanto
Pelaksanaan Roadshow Literasi Bertema “Pelatihan Menggambar” bersama Sudin Pusip Jakarta Utara

Sudin Pusip JU - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar kegiatan Roadshow Literasi bertema ”Pelatihan Menggambar”. Roadshow Literasi berlangsung selama 5 hari, mulai dari 13 hingga 17 November 2023. Tiap harinya Roadshow Literasi diselenggarakan mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Peserta dari Kegiatan ini adalah siswa dan siswi dari berbagai sekolah antara lain SDN Kelapa Gading Barat 01, SDN Lagoa 05, SDN Sunter Agung 09, SDN Rawa Badak Utara 15, serta MIS AL Wathoniyah 43 Rorotan. Narasumber dalam kegiatan bertema pelatihan menggambar tersebut adalah Bapak Gunadi, pemilik Sanggar Gunadi yang telah melahirkan anak-anak berbakat dalam bidang menggambar.

Roadshow literasi diselenggarakan oleh Sudin Pusip Jakarta Utara untuk menumbuhkembangkan minat anak-anak terhadap kegiatan literasi, sehingga Sudin Pusip Jakarta Utara memasukan kegiatan Roadshow Literasi ke dalam agenda besar pemasyarakatan pembudayaan kegemaran membaca.  Roadshow Literasi dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan menggunakan ruangan yang berkapasitas 100 orang sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Para peserta melaksanakan kegiatan Roadshow Literasi dengan antusias. Narasumber mempresentasikan materi yang dibawakan, setelah itu narasumber mengadakan sesi tanya jawab, pada kesempatan itu para peserta menanyakan tentang materi yang telah disampaikan. Selanjutnya para peserta diberikan waktu untuk menggambar dengan menggunakan teknik yang telah disampaikan pada saat pemberian materi. Selanjutnya narasumber memilih para peserta yang aktif pada saat kegiatan roadshow literasi untuk diberikan goodie bag yang berisi hadiah menarik.

Senin, 20 November 2023 Iwan Hery Susanto
Atasi Kemiskinan, Sudin Pusip Jakarta Utara akan Menggelar kegiatan Literasi Finansial di 11 Kelurahan

Jakarta Utara – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar rapat persiapan kegiatan literasi finansial pada hari Jumat, 10 November 2023. Rapat yang diadakan di Ruang Rapat Sekko 1 Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara dipimpin oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara, Muhammad Andri. Rapat dihadiri oleh peserta undangan antara lain Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Utara, para Lurah, perwakilan Tim Penggerak PKK Kelurahan terkait. Pembahasan pada rapat kali ini berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan Literasi Finansial yang akan diadakan di 11 Kelurahan. Kelurahan tersebut antara lain Kelapa Gading Barat, Penjaringan, Pejagalan, Pluit, Sunter Agung, Sunter Jaya, Papanggo, Pademangan Barat, dan Ancol.

”Kegiatan literasi finansial ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang keuangan sehat, bagaimana cara pengelolaan uang keluarga yang baik. Setelah masyarakat mampu mengelola uangnya dengan baik, berikan pemahaman tentang cara berinvestasi yang aman untuk masyarakat. Sebaiknya para narasumber menggunakan istilah yang awam dan mudah dipahami oleh masyarakat.” Ujar Muhammad Andri pada saat pemberian arahan terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan akan berjalan dengan konsep sosialisasi. Narasumber akan memberikan pengetahuan terkait dengan literasi finansial.
Narasumber yang ditunjuk untuk kegiatan kali ini berasal dari Kalbis Institute dan Bank DKI. Target peserta pada kegiatan tersebut adalah tim penggerak PKK Kelurahan dan masyarakat yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 November 2023. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, literasi finansial yang dimiliki oleh Masyarakat dapat meningkat. Peningkatan literasi finansial memiliki dampak yang sangat baik dalam kehidupan seperti mencegah kemiskinan dan meningkatkan pendapatan yang dimiliki oleh Masyarakat. (AP)

 


Artikel

Tidak ada data artikel.

Pengumuman

Senin, 19 Februari 2024 Fajar Andi Nugroho
Roadshow Workshop Membaca bersama Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara kembali menggelar kegiatan Roadshow Workshop Membaca. Kegiatan tersebut akan diadakan pada 19-21 Februari 2024.

Beberapa sekolah yang akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan Roadshow Workshop Membaca bersama Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara antara lain:

PELATIHAN MENGGAMBAR
📍SDIT Al Barkah
🗓 19 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

📍SDN Penjaringan 03
🗓 20 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

📍SD Al Rahmah
🗓 21 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

PELATIHAN PUISI
📍SMPN 42 Jakarta
🗓 19 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

📍SMPN 65 Jakarta
🗓 21 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

PELATIHAN MENDONGENG
📍SDN Sunter Agung 09
🗓 19 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

📍SDN Pademangan Timur 05
🗓 20 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

📍SDN Sunter Agung 12
🗓 21 Februari 2024
⏰ Pukul 09.00 s.d. selesai

 

Selasa, 13 Februari 2024 Fajar Andi Nugroho
Pendaftaran Pemilihan Duta Baca Jakarta Utara Tahun 2024 Diperpanjang

Pendaftaran Pemilihan Duta Baca Jakarta Utara Tahun 2024 diperpanjang hingga 19 Februari 2024. Ayo segera daftarkan diri kalian agar berkesempatan menjadi Duta Baca Jakarta Utara. Silahkan scan qr code atau klik bit.ly/dutabacajakut2024 untuk menuju laman pendaftaran.

 

Senin, 5 Februari 2024 Fajar Andi Nugroho
Pemilihan Duta Baca Jakarta Utara Tahun 2024 Telah Dibuka

Haiii... Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara kembali mengadakan pemilihan Duta Baca Jakarta Utara Tahun 2024, silahkan scan qr code untuk mengetahui persyaratan serta petunjuk pendaftaran. Ayo Ikuti !!! dan dapatkan kontrak kerja eksklusif sebagai duta baca jakarta utara

Sosial Media

Instagram

Lihat sorotan kegiatan yang telah kami bagikan di instagram.