Hari Raya Idul Fitri
Hari Kesehatan Dunia
Hari Buku Anak Sedunia
Hari Autisme Sedunia
Hari Paskah
Hari Wafat Yesus Kristus
20K Jaklitera
Pengumuman Update Data SIAPJAK

Layanan

Sebelumnya
Selanjutnya
Depot Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
Alamat Jalan Perintis Kemerdekaan No.1, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Timur
Alamat Jalan Jatinegara Timur IV, Rawa Bunga, Jatinegara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Utara
Alamat Jl. Logistik Raya No. 2 Kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja Jakarta Utara
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Depot Arsip Jakarta Selatan
Alamat Jl. Gandaria Tengah V No.3, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130, Indonesia
Jam Operasional Senin - Jumat: 08.00 - 16.00 WIB
Jadwal Agenda Kearsipan
Semua Agenda

Publikasi

Berita

Rabu, 3 April 2024 Noor Muchyadi
Sudin Pusip Jakpus Gelar Literasi Ramadan di Rutan Salemba

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Pusat, menggelar kegiatan literasi Ramadan di rumah tahan (Rutan) Kelas I Salemba, Jalan Percetakan Negara, Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Rabu (27/3).

Kegiatan diikuti 200 peserta erdiri dari warga binaan yang sedang mengikuti rehabilitasi dan santri Pondok Pesantren At Tawwabin Masjid At Taubah Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Pusip Jakarta Pusat, Iwan Septinadi mengatakan, kegiatan ini mengusung tema "Jadikan Puasa sebagai Benteng Pengendalian Diri" dengan nara sumber Kang Didin, seorang trainer motivator.

"Semoga kegiatan hari ini bisa menambah manfaat dan menjadikan kita pribadi yang semakin baik dari hari ke hari," tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Pusat, Noor Muchyadi berharap, kegiatan  menjadi momentum merefleksi dan melakukan pembersihan diri.

"Seperti gelas yang kosong, mari kita isi dengan hal bermanfaat. Salah satunya melalui membaca buku di Perpustakaan dan kegiatan literasi Ramadan," tandasnya.

sumber: https://m.beritajakarta.id

Rabu, 3 April 2024 Noor Muchyadi
Sudin Pusip Jakpus Gelar Literasi Penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Pusat, Selasa (26/3), menggelar kegiatan literasi Ramadan di SMAN 1 Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aula sekolah itu bertemakan Generasi Milenial Hebat Tanpa Narkoba.

Kepala Suku Dinas Pusip Jakarta Pusat, Iwan Septinadi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergisitas dengan Perpustakaan Bung Hatta-SMAN 1 dan  Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia.

"Literasi kali ini kita mengulas  bahaya peredaran dan dampak penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda," katanya.

Menurut Iwan, hingga saat ini peredaran dan penyalahgunaan narkoba masih menjadi ancaman bagi generasi muda. Karena itu, kesadaran tentang bahaya peredaran gelap narkoba harus terus menerus digaungkan, terutama kepada generasi muda.

Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, jelas Iwan,  merugikan secara ekonomi dan merusak mental serta berdampak terhadap prestasi akademik.

"Kami mengajak seluruh peserta didik dan masyarakat aktif menjauhi narkoba, agar menjadi generasi milenial hebat berprestasi tanpa narkoba," tegasnya.

Kepala Perpustakaan Bung Hatta, Wati Nassof mengungkapkan, kegiatan diikuti 75 perwakilan kelas dan organisasi pelajar. Diharapkannya, kegiatan akan memberi efek domino pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba ke seluruh siswa, khususnya siswa SMAN 1 Jakarta.

"Sebagai generasi yang tengah mencari jatidiri, mereka perlu dibekali pemahaman agar tidak sampai terjerumus penyalahgunaan narkoba," tandasnya.

sumber: https://m.beritajakarta.id/

Rabu, 3 April 2024 Noor Muchyadi
Sudin Pusip Jakpus Gelar Ketupat Betawi di SDS Al Irsyad Al Islamiyyah

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan ketemu pemustaka bersama tim wisata literasi (Ketupat Betawi) di SDS Al Irsyad Al Islamiyyah, Jalan KH Hasyim Ashari, RT 07/07, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir. 

Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat, Irwan Septinadi mengatakan, kegiatan Ketupat Betawi kali ini momentumnya bertepatan menjelang Ramadan 1445 Hijriah. Sehingga, mengangkat tema "Sambut Ramadhan dengan Ceria: Hormati Orang Tua maka Allah akan Sayang".

"Dalam kesempatan kali ini kami menghadirkan pendongeng, Kak Rezky yang membawakan cerita bernuansa religi," ujarnya, Jumat (8/3).

Irwan menjelaskan, selain dihibur cerita dari pendongeng, para peserta didik juga dikenalkan tentang beragam fasilitas yang dimiliki Perpustakaan Kota Jakarta Pusat.

"Dalam kegiatan ini kami turut menghadirkan satu unit mobil perpustakaan keliling," terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini bisa mengedukasi para pelajar tentang literasi sejak usia dini melalui rangkaian acara yang dikemas menarik dan menyenangkan.

"Semoga rasa cinta terhadap literasi dan perpustakaan, serta kegemaran mereka membaca semakin meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SDS Al Irsyad Al Islamiyyah, Febriyana Natassia sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan tersebut.

"Total sebanyak 80 murid dari kelas 1 dan kelas 2 SD dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah mengikuti kegiatan ini. Anak-anak sangat ceria," tandasnya.

sumber: https://m.beritajakarta.id


Artikel

Rabu, 10 Januari 2024 Noor Muchyadi
KALEIDOSKOP PERPUSTAKAAN JAKARTA PUSAT SEPANJANG 2023

2023 menjadi tahun penuh warna bagi perjalanan Perpustakaan Jakarta Pusat – Petojo Enclek, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Betapa tidak, 2023 merupakan tahun perdana dimana seluruh aktivitas perlahan mulai kembali normal setelah masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) resmi dicabut dan masuk kepada era kenormalan baru. Untuk itu, Perpustakaan Jakarta Pusat mulai Kembali aktif menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat, mulai dari siswa sekolah, warga di tiap kelurahan wilayah Jakarta Pusat, dan seluruh elemen terkait. 

Sepanjang tahun 2023, telah ada banyak kegiatan pembudayaan minat baca dan literasi yang dilaksanakan, sebut saja Ketupat Betawi (Wisata Literasi) sebanyak 96 kegiatan, Roadshow Workshop Membaca di 24 lokasi, Pemberdayaan Duta Baca sebanyak 16 kegiatan, Bimbingan Teknis bagi Pengelola Perpustakaan Sekolah SD dan SMP dengan melibatkan tidak kurang dari 300 tenaga pengelola perpustakaan baik sekolah maupun perpustakaan umum, Hari Anak Jakarta Membaca yang dilaksanakan guna mewadahi Masyarakat sekolah untuk aktif berkegiatan positif melalui lomba-lomba seperti Lomba Bercerita, Mewarnai, Puisi, Membuat Komik dan Lomba Menulis. Selain itu, di tahun ini juga ada pelaksanaan lomba Perpustakaan Sekolah SD dan SMP terbaik, Bunda Literasi, Baca Jakarta yang melibatkan tidak kurang dari 3000 peserta sepanjang tahun, IKRA, Perpustakaan Keliling dan Akreditasi Perpustakaan. 

Sepanjang 2023 pula, Perpustakaan Jakarta Pusat telah berkolaborasi dengan berbagai komunitas literasi seperti Aio Dongeng Indonesia baik melibatkan pendongeng nasional maupun internasional seperti pendongeng dari Filipina, Simone Sales dan Priyanka Chatterjee dari India dalam rangka Peringatan Hari Anak Internasional. Perpustakaan Jakarta Pusat juga berkolaborasi dengan FGL (Fun Garden Literacy) bersama Kak Palupi dan Tim, Para pegiat literasi seperti Kang Didin dan Tim, yang bukan hanya mengedukasi tapi juga memberi beragam hiburan dengan tetap menyisipkan pelajaran di dalamnya. 

Selain kegiatan literasi, Perpustakaan Jakarta Pusat juga mengupayakan peningkataan kompetensi pengelola perpustakaan dengan cara memberikan bimbingan teknis, pembinaan perpustakaan, pelatihan dan penyuluhan yang melibatkan para praktisi, akademisi dan narasumber yang kompeten di bidangnya seperti pustakawan dari Perpustakaan Nasional, Dosen PG-PAUD yang juga merupakan Duta Baca Jakarta Pusat periode 2023, praktisi bidang gizi dan Kesehatan, penulis, editor, pimpinan redaktur, dunia penerbitan, akademisi kewirausahaan, public speaker, konselor, dan banyak lainnya sesuai dengan tema acara yang disajikan. Peringatan Bulan Bahasa pada Oktober lalu, Perpustakaan Jakarta Pusat juga turut berkolaborasi dengan Duta Baca Indonesia, Gol a Gong yang didampingi oleh Duta Baca Jakarta Pusat, Kak Cahyo pada kegiatan Lokalatih Ekspresi Kreativitas Kegiatan Mendongeng untuk Anak Menggunakan Media Bigbook yang turut dihadiri oleh Bunda Literasi Jakarta Pusat, Ibu Ucu Jamilah Sukma.

Sebagai penutup tahun, Perpustakaan Jakarta Pusat di tahun ini juga melaksanakan kegiatan Re-Akreditasi Perpustakaan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 2015 dengan predikat B. Didampingi oleh tim dari Perpusnas RI dan Pustakawan Madya Dispusip Provinsi DKI Jakarta pada persiapan yang dilakukan sejak Oktober lalu, predikat A berhasil diraih oleh Perpustakaan Jakarta Pusat pada visitasi yang dilakukan oleh Tim Asesor Perpusnas RI pada Senin (11/12) lalu dan tertuang dalam Berita Acara Hasil Visitasi. Hasil yang diraih oleh segenap Tim Perpustakaan Jakarta Pusat ini tentu juga menjadi lecutan semangat bagi kami agar semakin baik setiap harinya.      

Tentu sudah begitu banyak kegiatan literasi dan pembudayaan kegemaran membaca yang telah diselenggarakan oleh Perpustakaan Jakarta Pusat. Peran yang dijalankan selama satu tahun ini, diharapkan dapat memberi begitu banyak pengetahuan, pemahaman baru, motivasi dan menjadi pendorong bagi para generasi sekaligus pendidik generasi untuk terus berkreasi, berimajinasi, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan berperan aktif agar nantinya anak-anak generasi bangsa ini mampu terus bersaing dan memiliki bekal yang dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan karya-karya terbaik dan bermanfaat bagi bangsa. 

Dari seluruh rangkaian kegiatan di sepanjang tahun 2023, tentu ada pelaksanaan-pelaksanaan yang perlu disempurnakan agar semakin dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk itu setiap evaluasi yang dilakukan, diharapkan dapat menjadi penyempurna sekaligus masukan agar dalam pelaksanaan pada kegiatan mendatang dapat semakin baik dan berdampak semakin luas bagi Masyarakat Jakarta Pusat khususnya dan Warga DKI Jakarta pada umumnya.

Terima kasih kepada seluruh warga Jakarta yang telah berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan literasi. Terima kasih telah menjadi bagian dari kami untuk terus belajar dan bertumbuh. Terima kasih telah berperan dalam segenap upaya kami untuk menciptakan atmosfer yang mendukung peningkatan budaya baca, sehingga daya baca masyarakat juga semakin bergerak maju. 

Selamat memasuki tahun yang baru. Semoga 2024 membawa banyak perubahan dan sinergi positif yang membangun untuk Jakarta yang semakin baik. Sukses Dispusip untuk Jakarta, Sukses Jakarta untuk Indonesia!(RK)

Rahmatul Karimah

Pustakawan Perpustakaan Jakarta Pusat – Petojo Enclek

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat   

 


Pengumuman

Tidak ada data pengumuman.

Sosial Media

Instagram

Lihat sorotan kegiatan yang telah kami bagikan di instagram.