Angkatan 45

Penamaan ini atau istilah ini pertarna kali dikemukakan oleh Rosihan Anwar dalam Majalah Siasat, 9 Januari 1949 sebagai nama yang diberikan kepada para sastrawan kesusastraan modem Indonesia yang berkarya di sekitar zaman penjajahan Jepang, masa kemerdekaan, dan beberapa tahun sesudahnya. Selain mengusulkan nama "Angkatan 45," Rosihan Anwar menyebut juga angkatan itu dengan istilah "Angkatari Kemerdekaan." Melalui buku Kesusastraan Indonesia Modem dalam Kritik: dan Esai dengan artikel khusus yang berjudul Angkatan 45, H.B. Jassin

membentangkan seluk beluk tentang Angkatan 45. Tulisnya antara lain, bahwa telah nyata di masa Jepang telah timbul suatu angkatan yang merasa lain dari para sastrawan yang cligolongkan ke dalam sastrawan Pujangga Baru. Jassin juga memberi nama Angkatan 45. Menurut Jassin, cirinya ialah revolusioner dalam sikap hidup dan visi, bergaya ekspresif yang mendarah daging, tidak mengabcli kepada suatu isme atau paham tertentu, tetapi mengabcli kepada kemanusiaan yang mengandung segala yang baik dari sekalian isme. Para pengarang yang termasuk Angkatan 45 ini antara lain Chairil Anwar, Asrul Sani, R.ivai Apin, Usmar Ismail, Idrus, Pramoedya Ananta Tuer, Ida Nasution, Utuy Thtang Sontani, Balfas, dan J.E. Tutengkeng. Pada Angkatan 45, penyair Chairil Anwar dianggap sebagai pelopomya. Karena itu angkatan ini sering juga disebut dengan Angkatan Chairil Anwar. Angkatan ini lahir dianggap sebagai koreksi terhadap Angkatan Pujangga Baru.

Konsep seni angkatan ini clituangkan dalam "Surat Kepercayaan Gelanggang" tanggal 18 Februari 1950, setahun setelah meninggalnya penyair Chairil Anwar. Didalam pemyataan konsepnya itu, Angkatan 45 menyebutkan bahwa, "Kami adalah ahli waris yang sah dari kebudayaan dunia dan kebudayaan ini karni teruskan dengan cara karni sendiri", "dalam penemuan karni karni mungkin tidak selalu asli; yang pokok clitemui itu ialah manusia. Dalam caranya mencari, membahas, dan menelaah karni membawa sifat sencliri."

Biografi Sastrawan Angkatan 45

Asrul Sani

(1926-2003)
Klik - Biografi

Chairil Anwar

(1922-1949)
klik- Biografi

Idrus

(1921-1979)
Klik - Biografi

Pramoedya Ananta T.

(1925-2006)
Klik - Biografi

Rivai Apin

(1927-1995)
Klik - Biografi

Usmar Ismail

(1921-1971)
Klik - Biografi
Untuk melihat koleksi lebih lengkapnya silahkan berkunjung ke Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
X