Angkatan 2000

ANGKATAN 2000 Sebuah penamaan yang diberikan oleh Korrie Layun Rampan pada sejumlah pengarang yang telah melahirkan wawasan etnik baru pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000. Tokoh-tokoh angkatan ini antara lain disebutkan oleh Korrie Layun Rampan adalah Afrizal Malna (puisi), Sena Gurnira Ajidarma (cerpen), dan Ayu Utami (novel).

Menurut Korrie, ''Afrizal Malna melansir estetika baru yang digali dari sifat massal benda-benda dan manusia yang dihubungkan dengan peristiwa tertentu dari interaksi massal ... (...) Estetika massal ini merupakan penemuan Afrizal yang unik dalam sastra Indonesia." "Pembaruan Sena," tulis Korrie, "tampak dari pilihannya terhadap model sastra lisan yang mengembalikan realitas fiktif kepada realitas dongeng ( ... ) Estetika baru yang dikembangkan secara menarik oleh Sena adalah perkembaliannya terhadap sastra murni yang tidak memisahkan antara wacana prosa dan puisi." Mengenai Ayu Utami, Korrie menulis, "Pembaruan fiksional novel dilakukan oleh Ayu Utami dengan novel Saman yang mencirikan teknik-teknik khas.

sehingga mampu melahirkan wawasan estetik baru. Pembaruan ini tampak dari pola kolase yang meninggalkan berbagai wama yang dilahirkan oleh tokoh maupun peristiwa yang secara estetik menonjoJkan kekuatan-kekuatan liteter. Sifat kolase ini menempatkan segi-segi kompositoris dengan wacana fiksional esai dan puisi.

Pengarang lain yang digolongkan ke dalam Angkatan 2000: Acep Zamzam Noor, Ahmadun Yosi Herfanda, Dorothea Rosa Herliany, Gus tf Sakai, Isbe di Setiawan ZS, Joni Ariadinata, Medy Loeki to, M.Shoim Anwar, Nenden A. Lilia, Oka Rusmini, Radhar Panca Dahana, Sitok Srengenge, Soni Farid Maulana. Taufik Ikram Jamil, Wiji Thukul, dan Yanusa Nugroho. Lihat Korrie Layun Rampan, Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia (2000).

Biografi Sastrawan Angkatan 2000

Acep Zamzam Noor

(1960-......)
Klik - Biografi

Afrizal Malna

(1957-......)
Klik - Biografi

Ahmadun Yosi H.

(1956-......)
Klik - Biografi

Ayu Utami

(1968-......)
Klik - Biografi

Gus tf Sakai

(1965-......)
Klik - Biografi

Isbedy Setiawan ZS

(1958-......)
Klik - Biografi

M. Shoim Anwar

(1963-......)
Klik - Biografi

Seno Gumira Ajidarma

(1958-......)
Klik - Biografi
Untuk melihat koleksi lebih lengkapnya silahkan berkunjung ke Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin
X