TENTANG KAMI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merupakan Dinas yang menyelenggarakan urusan perpustakaan dan kearsipan di DKI Jakarta dan membawahi 5 (lima) Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di tingkat kota administrasi, dan dua Satuan Pelaksana, diantaranya

  1. Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur
  2. Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan
  3. Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat
  4. Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Utara
  5. Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Pusat
  6. Satuan Pelaksana Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Seribu
  7. Satuan Pelaksana Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin

Perpustakaan Umum Daerah Tingkat Provinsi diantaranya:

  1. Perpustakaan Umum Daerah Nyi Ageng Serang (Perpustakaan Kuningan)
  2. Perpustakaan Umum Daerah Taman Ismail Marzuki, Cikini

Tahun 2018, berdasarkan rekapitulasi data statistik pengunjung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta melayani 3.514.474 kunjungan perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memiliki perpustakaan keliling PERMATA hingga armada yang kecil sekalipun yang bernama MOKA (mobil dan Motor Pustaka). Hal ini merupakan upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta untuk menjangkau masyarakat dan memberikan akses mudah pada buku.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta memiliki Perpustakan Digital bernama iJakarta, setiap pemustaka iJakarta dapat saling berbagi cerita pengalamannya dalam membaca koleksi buku digital dalam genggaman.

Ijakarta tersedia di 3 platform, Android, IOS, dan PC, sehingga membaca buku tidak hanya dapat dilakukan di Perpustakaan, namun dimana saja dan kapan saja. iJakarta: read create and share.

X